Membuat “ HELLO WORD “ Bahasa Pemrograman PHP dan mengaksesnya di Localhost



Ketika kita belajar sebuah bahasa pemrograman baru tidak asyik jika kita tidak mencoba membuat sebuah codingan untuk membuat sebuah kata “ HELLO WORD “ . Walaupun bukan hal yang wajib namun jika kita dapat membuat sebuah keluaran kata HELLO WORD menggunakan bahasa pemrograman tertentu maka kita sedikit telah memahami bahasa pemrograman tersebut .Disini kita akan mencoba menampilkan kata HELLO WORD di browser menggunakan bahasa PHP , bagi yang belum tau apa itu php bisa baca di sini .Oke kita langsung saja ke topik pembahasan kita kali ini ^_^.

Apa saja yang perlu di persiapkan ????

1. Instal XAMPP , kita akan memerlukan web server yang terdapat di paket XAMPP . Untuk tutorial instalasi xampp dapat di lihat di sini .

2. Kita membutuhkan sebuah text editor , di sini kawan-kawan dapat menggunakan notepad , notepad++, sublime , dll . Namun saya sarankan menggunakan sublime text , karena menurut saya lebih enak di mata .Untuk download sublime text silahkan download di sini.

3. Kemudian kita membutuhkan sebuah browser (Google Chrome , Mozila Firefox, Safari , Internet Explorer , dll) untuk melihat hasil codingan kita nanti. Jika kawan-kawan menggunakan Adobe Dream Weaver bisa langsung di lihat di aplikasinya tanpa harus menggunakan browser.

Bagaimana langkah selanjutnya ???????

Sekarang kita akan menulis script sederhana di text editor . Perhatikan gambar dibawah ini .



Pertama kita harus membuka scrip php dengan cara mengetik script <?php dan menutupnya dengan script ?> . Jadi di dalam tanda buka dan tutup itu kita nantinya akan menulis script phpnya . Untuk menampilkan kata kita gunakan perintah echoo “ yang ingin kita tampilkan ”  .

Kemudian kita simpan di dalam folder htdocs yang ada di drive C folder xampp , perhatikan gambar dibawah ini .



Setelah tersimpan maka kita hidupkan dulu web server apache yang ada di xampp .Caranya klik xampp 2 kali kemudian akan muncul seperti gambar di bawah .



Cara mengaktifkanya kita klik tombol start yang ada di sebelah apache .



Setelah aktif kita buka browser dan kita ketikan alamat localhost/folder yang akan kita akses/file . Karena saya menempatkannya di folder belajarPhp maka saya menuliskan di browser addres seperti ini localhost/belajarPhp/index.php lihat gambar di bawah .



Atau kita apa langsung ketikan localhost/belajarPhp saja karena secara default jika di dalam folder tedapat file index.php atau index.html maka file itu yang akan di buka .



Mudah bukan menampilkan kata HELLO WORD dengan menggunakan PHP . Kawan-kawan dapat mencoba mengganti kata tersebut sesuang dengan yang kawan-kawan inginkan .

Sampai di sini dulu postingan ini , kita jumpa lagi di postingan selanjutnya . Jangan lupa kritik dan saranya , silahkan coret coret di kolom komentar


6 Responses to "Membuat “ HELLO WORD “ Bahasa Pemrograman PHP dan mengaksesnya di Localhost "

  1. Hello Word :v , Hello World kalee :v

    ReplyDelete
  2. Itu maksudnya kata hello bukan halo dunia, sok tau lu

    ReplyDelete
  3. Sok tau bgt luu gilakk woo trnyt salah bang

    ReplyDelete
  4. Mau tanya bang yang dinyalahin apache'nya aja atau dengan mysql juga?

    ReplyDelete
  5. Penjelasannya sangat membantu saya banget

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan anda , silahkan komentarnya ^_^.