Instalasi Paket XAMPP Mudah Untuk Belajar Membuat Web Secara Offline


Apa sih XAMPP itu ???

XAMPP adalah sebuah aplikasi lebih tepatnya paket aplikasi yang membundle banyak aplikasi lain yang di butuhkan dalam pengembangan web . Nama XAMPP sendiri adalah singkatan dari beberapa huruf yang memiliki arti tertentu . Huruf pertama yaitu X (corss-platform) yang berarti aplikasi xampp dapat di gunakan oleh banyak sistem operasi . Kemudian huruf kedua yaitu A (Apache Web Server) merupakan sebuah web server yang di gunakan untuk server . Lalu huruf ketiga M (MySQL) merupakan database server yang populer di lingkungan programer karena memiliki banyak kelebihan. Selanjutnya adalah huruf P (PHP) merupakan bahasa pemrograman web yang banyak di gunakan sekarang , untuk selengkapnya tentang php silahkan baca di sini . Dan yang terakhir adalah P (Perl) . Terdapat juga modul tambahan yang di sertakan dalam XAMPP yaitu OpenSSL dan phpMyAdminPerlu kawan-kawan ketahui juga selain XAMPP terdapat juga beberapa aplikasi yang lainnya antara lain Mamp Server, AMPPS Server ,WnMp Server, WAMP Server , dll.


Dimana kita dapat mendownload XAMPP ???

Kita dapat mendownload paket xampp secara geratis di situs resminya yaitu https://www.apachefriends.org/download.html


Bagaimana cara instalasi XAMPP ???

Nah sekarang kita masuk dalam topik pembahasan kali ini . Setelah file xampp berhasil di download , silahkan klik 2 kali . Perlu diketahui dalam tutorial ini saya menggunakan xampp versi 5.6.3 . Silahkan matikan dahulu antivirus yang ada di pc anda , jika tidak maka akan muncul peringantan seperti ini .



Tekan saja Yes. Jika muncul seperti gambar di bawah tekan saja OK .



Kemudian akan muncul jendela awal instalasi xampp seperti gambar dibawah ini , klik saja Next .



Lalu akan muncul jendela select components , kita dapat memilih apa saja yang akan kita instal (Saya rekomendasikan jangan di ubah). Setelah selesai memilih tekan Next .



Berikutnya kita akan menempatkan lokasi instalasi xampp , defaulnya berada di drive C . Disini saya menempatkannya di drive D . kemudian klik Next .



Kita dapat menginstal CMS seperti Wordpress, joomla dan drupal jika kita mencentang yang ada di dalam kotak , namun saya sarankan di Next aja tanpa di centang .



Maka akan muncul tampilan Ready to Instal , langsung saja pilih Next dan instalasi akan di mulai .




Setelah instalasi selesai maka akan muncul jendela di bawah ini . Jika anda ingin mencoba menggunakan silahkan centang kotak dan klik Finish .




Bagaimana kita tahu bahwa xampp sudah bisa digunakan ???

Nah jika anda tadi mencentang kotak sebelum mengklik Finish maka jendela XAMPP control panel akan muncul . Namun jika tidak silahkan klik 2 kali di START > All Programs > XAMPP > XAMPP Control Panel , maka akan muncul seperti gambar di bawah ini .



Silahkan tekan tombol start yang ada di sebelah kanan Apache dan MySQL untuk mengaktifkan web server apache dan database server mysql .Selanjutnya buka browser dan ketikan localhost , kawan-kawan akan di bawa ke halaman berikut .



Pilih bahasa yang kawan-kawan pahami , nah instalasi xampp sukses .




Sampai di sini dulu postingan kali ini , jika ada yang tidak jelas silahkan coret coret di kolom kometar di bawah J .

0 Response to "Instalasi Paket XAMPP Mudah Untuk Belajar Membuat Web Secara Offline"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda , silahkan komentarnya ^_^.