Mengenal Variabel Dalam Bahasa Pemrograman PHP

Mengenal Variabel Dalam Bahasa Pemrograman PHP
Sebelum kita belajar logika , terlebih dahulu kita harus tau apa itu variabel.Variabel adalah sebuah nama yang berfungsi untuk menyimpan suatu nilai tertentu. Nilai yang tersimpan dalam variabel dapat di ubah sewaktu-waktu .

Apakah ada ketentuan khusus dalam pembuatan variabel  di PHP???

Jawabannya adalah YA.

Ketika kita membuat sebuah nama variabel , nama yang akan kita gunakan harus memenuhi aturan pengenalan (identifier). Nah apa saja aturan yang harus kita pakai , kali ini kita akan memperlajarinya . Berikut adalah aturan-aturan yang harus kita penuhi .

1. Karakter pertama harus berupa huruf atau garis bawah dan awal dari nama variabel kita harus menggunakan tanda ‘ $ ’ dollar .



2 . Karakter yang di gunakan untuk membuat nama variabel dapat berupa huruf,angka atau garis bawah .



3 . Panjang nama variabel tidak terbatas oleh jumlah karakter, jadi kita dapat membuat nama variabel yang sangat panjang . Namun saya saran kan gunakan seperlunya saja , agar program enak di lihat dan mudah di baca .



4 . Penamaan Variabel bersifat case sensitive , maksudnya di sini huruf besar dan kecil di bedakan .



5 . Kemudian jangan menggunakan reserved word PHP , maksudnya jangan menggunakan kata-kata atau script yang ada di php seperti echo , print ,dll untuk membuat sebuah nama variabel .

Bagaimana cara untuk memberikan sebuah nilai ke dalam sebuah variabel ????

Untuk memberikan sebuah ke dalam variabel caranya dengan menggunakan tanda sama dengan ‘ = ’ . Tanda sama dengan ini di kenal juga dengan sebuatan Assignment Operators



Namun jika kita membuat sebuah variabel dan tidak kita isi nilai maka variabel tersebut tidak terisi apa-apa dan akan muncul pesan Undefined variable. Kawan-kawan dapat mengecek hal tersebut di dalam browser dengan memanggil filenya , silahkan baca di sini untuk cara nya .



 Berikut gambar jika di panggil di browser .

 
Dimana kita meletakan variabel yang kita buat ???

Untuk peletakan variabel dalam php berbeda dengan bahasa pemrograman dekstop serperti Pascal, C, C++ dan Visual Basic . Kenapa saya bilang berbeda , karena pada bahasa tersebuat sebuah variabel harus di deklarasikan (di buat ) terlebih dahulu sebelum di gunakan. Sedangkan kalo di php kita dapat meletakan variabel di tengah-tengah code atau pun di awal tanpa harus di deklarasikan dahulu .

Kemudian yang perlu di ketahui lagi adalah PHP termasuk dalam Loosely Type Language yaitu bahasa pemrograman dimana variabelnya tidak terikat pada sebuah tipe data . Jika kawan-kawan pernah belajar bahasa pemrograman lain seperti java , c++ , dll maka sebelum nama variabel maka kita harus menentukan tipe data yang akan kita gunakan . Sedangkan di php kita dapat langsung mengisi dengan nilai tanpa harus menentukan apakah tipe datanya . Namun bukan berarti PHP tidak memiliki tipe data , hanya saja kita tidak perlu menetukan tipe datanya . Pada postingan berikutnya saya akan menjelaskan tentang tipe data yang ada di bahasa PHP .

Sekian dulu postingan ini , silahkan coret coret di kolom komentar jika ada yang kurang paham J .

2 Responses to "Mengenal Variabel Dalam Bahasa Pemrograman PHP"

Terima kasih atas kunjungan anda , silahkan komentarnya ^_^.