Operator Arithmetic Dalam Bahasa PHP

Setelah kemarin kita belajar berbagai macam tipe data yang ada di php, sekarang saatnya kita belajar tentang operator yang ada di php.


Operator Arithmetic Dalam Bahasa PHP


Apa itu operator ???

Perhatikan gambar di bawah ini .

Operator Arithmetic Dalam Bahasa PHP

Gambar di atas di sebut dengan ekspresi. Perhatikan terdapat angka 20 dan 18 itu di sebut dengan operand . Nah perhatikan juga ada tanda + dan = itu di sebut dengan operator . Jadi sekarang mengertikan apa itu operator .

Secara umum operator dalam sebuah bahasa pemrograman di gunakan untuk memanipulasi atau melakukan perhitungan pada suatu nilai variabel .

Apa saja operator yang ada dalam php ???

Operator dalam php di bagi menjadi  4 jenis yaitu :

3 . Comparison Operator.
4 . Logic Operator .

Pada postingan ini saya akan menjelaskan operator yang pertama yaitu Arithmetic Operator .

Apa itu Arithmetic Operator ???

Operator ini adalah operator matematika dan sering di gunakan dalam operasi perhitungan matematika .Dalam pembuatan sebuah project atau program kita mau tidak mau pasti bertemu dengan operasi yang menggunakan perhitungan matematika , untuk itu kita harus mengerti operator ini . Dibawa sudah saya buatkan daftar dari operator ini .

OPERATOR
NAMA
+
Tambah
-
Kurang
*
Kali
/
Bagi
%
Modulus
++
Increment
--
Decrement


Mungkin kawan-kawan sudah mengerti kegunaan dari 4 tanda di atas (tambah,kurang,kali dan bagi ) . Namun untuk operator modulus mungkin kawan-kawan masih asing gunanya untuk apa . Operator modulus di sini gunanya untuk mengetahui sisa bagi dalam pembagian .


Operator Arithmetic Dalam Bahasa PHP


Misalnya saya memiliki ekspresi  10 / 3 = 3 , nah angka 3 merupakan hasil bagi sementara sisa baginya adalah 1 .Loh kok aneh 10 / 3 masa hasilnya 3 bukannya 3,3333 ??? nggak salah kok itu juga bener tapi kalo dalam integer tidak menerima koma jadinya hasilnya 3 . Contoh lainnya  7 / 4 = 1 sisa baginya adalah  3.  Jadi seperti itu kawan-kawan.

Kemudian yang asing lagi adalah increment dan decrement , increment merupakan sebuah operator untuk menambahkan 1 kedalam variabel sedangkan decrement merupakan kebalikanya yaitu di kurangi 1. Perhatikan contoh coding di bawah ini .

Operator Arithmetic Dalam Bahasa PHP


Nilai dari variabel a adalah 5 sebelum di incrementkan , setelah di incrementkan nilainya adalah 6 . Begitu juga dengan variabel z , isi sebelum di lakukan operasi decrement adalah 5 sesudah di lakukan operasi isinya menjadi 4 . Nah lebih rincinya increment di bagi lagi menjadi pre increment  dan post  increment untuk yang decrement menjadi pre decrement dan post decrement . Mungkin kalo ada kesempatan saya akan membahasnya .

Untuk melihat hasilnya silahkan coding seperti di bawah ini .

Operator Arithmetic Dalam Bahasa PHP

Kemudian buka di browser , maka hasilnya akan seperti ini .

Operator Arithmetic Dalam Bahasa PHP

Untuk penjelasan operator yang lainnya akan saya bahas di postingan selanjutnya . Jangan lupa coret  coretnya di kolom komentar ya J. Untuk coding di atas silahkan download di bawah ini .

DOWNLOAD

0 Response to "Operator Arithmetic Dalam Bahasa PHP"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda , silahkan komentarnya ^_^.