Macam-macam Tipe Data Dalam PHP

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP
Pada postingan sebelumnya yang berjudul MengenalVariabel Dalam Bahasa Pemrograman PHP , saya pernah berkata bahwa php bukan berarti PHP tidak memiliki tipe data , hanya saja kita tidak perlu menetukan tipe datanya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membeberkan beberapa tipe data yang ada di dalam php .

Apa itu tipe data ???

Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki tipe data , nah apa sih tipe data itu ??? Tipe data adalah jenis dari data yang nantinya akan kita simpan dalam sebuah variabel dan akan diproses dalam bahasa pemrograman .

Bagaiaman cara kita mengetahui jenis data tersebut ???

Php berbeda dengan bahasa pemrograman dekstop seperti java, c++,c , dll . Jika di bahasa pemrograman dekstop kita harus terlebih dahulu mengetikan tipe datanya baru nama variabel namun jika di php kita tidak perlu repot-repot melakukan hal seperti itu .Jadi kita langsung saja mengetikan variabel (di awali dengan tanda $) dan mengisinya dengan nilai . Secara otomatis nilai yang kita masukan sudah bisa menyesuaikan dengan variabel .

Apa saja tipe data yang ada di php ???

Berikut beberapa tipe data dalam bahasa php :

1 . INTEGER

Integer merupakan tipedata bilanggan bulat , dimana tidak terdapat bilangan pecahan . Rentang nilanya adalah -2,147,483,648 sampai +2,147,483,647 . Rentang nilai di sini sama dengan tipe data long yang terdapat dalam bahasa C.

Untuk cara penulisannya , php memberikan 3 cara yaitu :

- Desimal , bilangan berbasis 10 (dapat positif atau negatif).
- Oktal , bilangan berbasis 8 .
- Heksadesimal , bilangan berbasis 16 .

Silahkan lihat gambar di bawah ini .

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP


Ketika di lihat di browser , seperti ini .

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP

2 . FLOATING-POINTS

Tipe data ini merupakan tipe data bilangan pecahan . Sama dengan tipe data DOUBLE di bahasa C. Untuk lebar dari tipe data ini tergantung dari platform apa yang di gunakan dan pada umumnya lebarnya lebih dari tipe data Integer.

Untuk cara penulisannya dapat langsung seperti menulis angka pecahan biasa dengan koma atau bisa juga dengan bilangan eksponensial (pangkat). Perhatikan contoh di bawah ini .

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP


Gambar jika di lihat di browser.

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP

3 . STRING

Tipe data ini lebih sering di gunakan daripada tipe data yang lainnya . String merupakan kumpulan dari berbagai macam karakter . Kawan-kawan mungkin lebih mudah mengerti jika saya sebut string ini merupakan tipe data kata atau kalimat . Untuk penulisannya harus di apit oleh tanda petik , dapat petik tunggal (‘) atau pun petik ganda(“) karena di php setau saya tidak di bedakan dan dengan catatan harus sama antara pengapit awal dan akhir .

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP


Ketika di lihat di browser.

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP

Kita dapat memanipulasi String , namun pembahasanya tunggu posting-posting berikutnya J.

4 . BOOLEAN

Tipedata boolean , sama dengan tipe data di kebanyakaan bahasa pemrograman . Dia hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE (1) atau FALSE (0) .Berikut cara penulisannya .

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP


Ketika di lihat di browser.
Macam-macam Tipe Data Dalam PHP

5 . ARRAY

Array merupakan tipe data terstruktur untuk menyimpan sejumlah data yang bertipe sama . Cara pengaksannya dengan menggunakan indeks (urutan). Perhatikan contoh di bawah .

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP


Diatas saya sudah membuat sebuah array buah dengan isi pisang dan rambutan . Saya dapat mengakses isinya dengan menyebutkan indeks ke berapa . Berikut jika di lihat di browser.
Macam-macam Tipe Data Dalam PHP

Jika kawan-kawan mengakses melebihi indeks maka akan muncul pesan error . Coba tambahkan seperti gambar di bawah ini .

Macam-macam Tipe Data Dalam PHP


Kemudian refress browser , maka kan error seperti di bawah ini .
Macam-macam Tipe Data Dalam PHP
Untuk array akan ada pembahasan tersendiri di postingan selanjutnya .

6 . OBJECT  

Merupakan sebuah inisialisasi suatu class , object dapat di ini sialisasi menggunakan statement new. Untuk tipe data ini juga akan ada pembahasannya tersendiri .


Sebenarnya masih ada beberapa tipe data yang lain ,namun yang sering di gunakan adalah yang di atas . Silahkan coret coret kolom komentar , sampai jumpa di posting berikutnya . Eh... hampir saja kelupaan , bagi yang mau download coding di atas silahkan klik di sini ya J .

0 Response to "Macam-macam Tipe Data Dalam PHP"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda , silahkan komentarnya ^_^.